Apa Benar Rambutan Dapat Turunkan Kolesterol?

Rambutan Bisa Turunkan Kolesterol
Rambutan Bisa Turunkan Kolesterol

Seiring dengan bertambahnya intensitas hujan di sekian banyak daerah, kita pun telah menginjak musim lainnya, yaitu musim buah rambutan. Kini, kita dapat dengan mudah melakukan pembelian rambutan di sekian banyak tempat dengan harga yang murah. Di samping rasanya yang nikmat, buah rambutan disebut-sebut dapat memberikan tidak sedikit manfaat kesehatan, tergolong dalam urusan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Apakah anggapan ini cocok dengan kenyataan medis?

Fakta mengenai khasiat rambutan

Sebuah penelitian dilaksanakan di University of Chiang Mai, Thailand menghasilkan kenyataan bahwa rambutan tergolong dalam makanan super sebab memiliki guna sehat yang lumayan banyak. Salah satu guna tersebut ialah menurunkan kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini berarti, buah ini memang sesuai untuk dikonsumsi oleh mereka yang hendak menurunkan kadar kolesterol.

Di samping itu, kandungan rambutan pun mempunyai zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu menyehatkan darah dan sirkulasinya. Di samping itu, proses peredaran oksigen ke sekian banyak bagian tubuh pun akan berlangsung dengan lancar.

Di dalam rambutan pun ada kandungan vitamin C yang lumayan tinggi yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, andai kita mengonsumsi 10 sampai 12 buah rambutan, maka kita dapat mendapatkan asam karbonat sejumlah 75 sampai 90 mg yang dapat mencegah kehancuran sel sekaligus menciptakan asimilasi zat besi di dalam tubuh.
Cara memilih rambutan yang bagus

Meskipun mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan, pakar kesehatan menganjurkan kita guna tidak sembarangan dalam memilih rambutan. Jika rambutan terlampau matang, urusan ini ternyata dapat berbahaya untuk penderita hipertensi. Di samping itu, penderita diabetes pun usahakan tidak sembarangan dalam santap rambutan sebab adanya kandungan gula alami yang lumayan tinggi.
Biji Rambutan Bisa Membantu Menyembuhkan Diabetes

Menariknya merupakan, meskipun buah rambutan yang manis tergolong dalam makanan yang usahakan dihindari oleh penderita diabetes, biji rambutan yang keras malah dianggap dapat menjadi obat diabetes. Hal ini diakibatkan oeh adanya kandungan ekstrak methanol serta senyawa flavonoid dan fenolik di dalam biji rambutan.

Kandungan ekstrak methanol di dalam biji rambutan ini dapat memberikan efek hipoglemik atau menurunkan kadar gula darah. Padahal, sebagaimana anda ketahui, kadar gula darah yang tinggi ialah momok untuk penderita diabetes karena dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

Jika kita hendak mengonsumsi biji rambutan, kita melulu perlu menciptakan minuman dari ramuan biji buah ini. Cara menciptakan ramuan ini ialah dengan memakai 5 biji rambutan yang sudah dibersihkan bersih dan dipotong-potong. Biji rambutan ini lantas dijemur dan lantas direbus dengan 200 ml air mendidih. Dengan meminum ramuan ini 2-3 kali dalam sehari, maka kadar gula darah dapat dikendalikan dengan lebih baik. Jika Anda mencari artikel kesehatan yang lebih terperinci maka Anda dapat mencarinya dengan kata kunci blog kesehatan namun saya sarankan Anda membaca di RootHealthTips.com saja kalau Anda tertarik dengan artikel kesehatan yang lain

Mitos rambutan dapat menyebabkan batuk

Sayangnya, dibalik rasanya yang enak, terdapat anggapan yang diandalkan oleh masyarakat, yakni santap rambutan dapat menyebabkan batuk. Pakar kesehatan menyinggung anggapan ini masih menjadi polemik oleh semua ahli, tetapi belum ada riset yang membuktikannya.

Memang, kandungan glukosa di dalam rambutan lumayan tinggi. Padahal, mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan, namun sampai saat ini tidak ada riset yang dilaksanakan untuk menganalisis efek santap rambutan untuk kondisi tenggorokan.

Hanya saja, ada beberapa kecil orang yang merasakan alergi dengan makanan, baik tersebut alergi dengan rambutan atau alergi dengan gula. Jika mereka mengonsumsi rambutan yang manis, pasti saja mereka akan merasakan gangguan pernapasan, tergolong batuk-batuk.

Sekian artikel mengenai Apa Benar Rambutan Dapat Turunkan Kolesterol, semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *