Wisata Semarang: Dari Yang Ngehits Hingga Instagrammed

Semarang merupakan Ibukota Jawa Tengah. Dibatasi Laut Jawa di sebelah utara, Semarang memiliki luas 373,78 km persegi dengan populasi 1.555.984.

Menjadi pusat perdagangan sejak zaman penjajahan Belanda, Semarang berkembang menjadi kota metropolis saat ini. Kata Semarang ditengarai berasal dari Asem (Asam) dan Arang.

Cuaca
Seperti kota lain di Indonesia, Semarang diguyur hujan pada bulan September sampai Maret, kemudian disusul musim kemarau.

Suhu
Rata-rata suhu di Semarang antara 28 derajat Celcius.

Jarak dari Ibukota Jakarta: 408 km
Waktu tempuh pesawat: 45 menit
Waktu tempuh dengan kereta: 7 jam
Waktu tempuh dengan bus: 10-11 jam
Harga tiket pesawat: Rp 300 ribu – Rp 600 ribu
Tiket KA Eksekutif Jakarta-Semarang: Rp 235ribu – Rp 380 ribu
Tiket KA Ekonomoi Jakarta-Semarang: Rp 100 ribu – Rp 175 ribu

Bandara: Ahmad Yani

Transportasi

  • Taksi merupakan transportasi paling mudah dari Bandara Ahmad Yani ke pusat kota dengan sistem tarif dan argo.
  • Selain itu ada bus Damri dan angkutan minubus lain dari bandara.

Transportasi dalam kota

  • Taksi di Semarang memiliki tarif awal/buka pintu sebesar Rp 5000.
    *Angkot banyak beroperasi dengan rute yang variatif ke semua sisi dan sudut kota.
  • Bus Trans Semarang yang menghubungkan antar terminal di Semarang.

Destinasi Menarik di Semarang

  • Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong adalah salah satu bangunan yang memiliki banyak kisah menarik. Klenteng ini memiliki nilai-nilai sejarah yang merupakan penggabungan antara unsur religi dan budaya lantaran sampai sekarang tempat ini selain tempat ibadah juga menjadi obyek wisata.
Bangunan yang didominasi warna merah dan kuning ini sangat cocok untuk foto selfei di Instagram. Tak heran jika Klenteng Sam Po Kong ini menjadi salah satu tempat yang instragrammed di Semarang.

  • Kota Lama

Kota Lama adalah sebuah monumen sejarah, karena dari sinilah ibukota Jawa Tengah ini berasal. Tempat ini menggambarkan masa lalu bagaimana megahnya sebuah kota yang seakan menjadi miniatur kota Nederland ini. Kini Kota Tua tinggal tersisa bangunan-bangunan tua yang sebagian tanpa penghuni.

  • Umbul Sidomukti

Bila ingin mencari kesegaran di luar kota Semarang, datang saja ke Umbul Sidomukti. Di sini kamu bisa menikmati udara sejuk, pemandian, dan tentu view dari ketinggian yang elok. Umbul Sidomukti lokasinya arah menuju Bandungan.

  • Gereja Blenduk

Ini salah landmark kota Semarang. Gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras dibanding gedung-gedung tua di sekitarnya. Hingga sekarang geraja ini masih dipakai untuk ibadah.

  • Simpang Lima

Inilah jantungnya kota Semarang. Yang khas di sini salah satunya menjadi pusat kuliner Semarang. Nasi liwet, tahu gimbal, nasi pecel adalah tiga diantara puluhan kuliner yang dijajakan. Di tempat ini kamu bisa juga menyewa becak lampu yang dikayuh mengelilingi Simpang Lima.

  • Lawang Sewu

Tempat ini sebenarnya kantor PT KAI. Namun saat ini justru menjadi salah satu destikasi yang wajib dikunjungi di Semarang. Lawang Sewu mencuat gara-gara tempat ini muncul di acara misteri. Namun kesan angker tersebut sekarang sudah perlahan-lahan hilang.

  • Hutan Pinus Kayon

Lokasinya di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kawasan yang berada di lereng Merbabu ini juga menjadi spot favorit bagi para penyuka camping. Banyak spot yang instagramable yang bisa kamu pilih.

  • Bukit VW

Salah satu destinasi wisata Semarang yang ngehits akhir-akhir ini adalah Bukit VW. Bahkan tempat ini sempat ramai di media sosial. Dinamakan Bukit VW karena tempat tersebut dipenuhi dengan puluhan mobil bekas VW. Lokasi berada di Jl. Sambiroto Raya, Tembalang, Kota Semarang. Jika kamu hobi fotografi, wajib datang ke sini.

  • Pantai Marina

Semarang adalah kota pesisir, jadi wajib hukumnya mengunjungi pantainya. Salah satu pantai yang populer di Semaranga dalah Marina. Di pantai ini masih banyak pepohonan yang rindang. Keindahan Pantai Marina makin terlihat jika kita berkunjung di sore hari.

  • Brown Canyon

Brown Canyon sebenarnya tempat wisata, tapi sebuah bukit yang digali untuk diambil pasir dan material lainnya. Sisa-sisa bukit inilah yang berubah menjadi menarik lantaran berbentu seperti Green Canyon yang ada di Amerika.

Brown Canyon lokasinya berada Rowosari Meteseh Tembalang Semarang. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan muda khususnya yang hobi fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *